Selasa, 08 September 2020

Bunga Krokot,Si Moss Rose yang Mempesona

 Bunga Krokot,Si Moss Rose yang Mempesona




Bunga Krokot, moss roseBunga Krokot atau yang biasa disebut dengan Krokot Hias merupakan salah satu tanaman yang banyak dijumpai di taman-taman pribadi maupun taman umum karena mudah dibudidayakan serta dirawat. Bunga yang memiliki nama lain Moss Rose, Portulaca, eleven o’clock, mexican rose, mose rose, sun rose, rock rose, moss-rose purslane, hingga Bunga Pukul Sembilan (karena mekar pada pukul sembilan dan akan berangsur layu pada saat siang) ini merupakan tanaman yang terdiri dari 100 spesies. Bunga yang memiliki nama latin Portulata Grandiflora ini berasal dari Amerika Latin dan sangat cocok tumbuh di daerah beriklim tropis maupun subtropis khususnya lokasi yang banyak disinari cahaya matahari. 

Batang, daun dan Bunga Krokot Hias
Daun dan batang krokot hiasKrokot Hias masuk dalam katagori tumbuhan semusim yang bisa tumbuh sampai berukuran 15 cm - 30 cm dengan batang basah yang bisa bercabang mulai dari pangkal tanaman hingga ke atas.  Batang tanaman ini mampu tumbuh tegak atau sebagian terletak di permukaan tanah. Daunnya tunggal, tebal berdaging, berbentuk bulat silindris dengan panjang 1 - 3,5 m berujung tumpul. Tangkai bunga tumbuhan ini pendek dengan rambut-rambut halus di bagian ketiaknya. Bunganya berkelompok 2 - 8 di ujung batang dengan bentuk mahkota seperti bunga mawar kecil dengan warna merah, merah jambu, atau ungu dengan diameter 2-4 cm serta benang sari yang terlihat jelas dikelilingi oleh mahkota


Perkembangbiakan Bunga Krokot
Untuk mengembang biakkan tanaman yang memiliki bunga eksotik ini, bisa melalui biji atau dari potongan batang. 

Kandungan Bunga Krokot
Sedikit orang yang mengetahui bahwa ternyata krokot hias memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat yang terdapat dalam tanaman ini antara lain: kalsium, tanin, saponin, phospat, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, mangan, sodium, fosfor, portulal, betacyanin, betanin, betandin dan banyak lagi. 

Manfaat Bunga Krokot
Adapun manfaat tanaman krokot hias untuk kesehatan adalah sebagai berikut:
Bunga Pukul Sembilan1. Sebagai obat diare
2. Sebagai Obat disentri
3. Sebagai pencegah dan obat sakit ambien serta wasir
4. Anti hipertensi
5. Melancarkan peredaran darah 
6. Menenangkan pikiran
7. Mencegah infeksi pada saluran kencing
8. Meringankan gejala asma
9. Obat cacingan
10. Mengatasi radang kulit
11. Meringankan luka bakar
12. Mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Klasifikasi Bunga krokot
Adapun Klasifikasi dari Krokot Hias adalah sebagai berikut:
Kerajaan  :  Plantae
Divisi       :  Magnoliophyta
Kelas        : Magnoliopsida
Ordo         : Caryophyllales
Famili       : Portulacaceae
Genus       : Portulaca L.

1 komentar: